BAB V
DIVERSITAS
SOSIOKULTURAL
KULTUR
DAN ETNIS
Kultur
Pola perilaku, keyakinan, dan semua produk lain dari kelompok orang tertentu yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Studi lintas-kultural studi yang membandingkan apa yang terjadi dalam satu kultur dengan apa yang terjadi di dalam satu atau beberapa kultur lain; menyediakan informasi tentang seberapa jauh orang itu sama dan seberapa jauh perilaku tertentu adalah perilaku khusus dari suatu kultur.
Pola perilaku, keyakinan, dan semua produk lain dari kelompok orang tertentu yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Studi lintas-kultural studi yang membandingkan apa yang terjadi dalam satu kultur dengan apa yang terjadi di dalam satu atau beberapa kultur lain; menyediakan informasi tentang seberapa jauh orang itu sama dan seberapa jauh perilaku tertentu adalah perilaku khusus dari suatu kultur.
Status
Sosioekonomi
Kelompok orang berdasarkan karakteristik ekonomi, individual, dan pekerjaannya.
Kelompok orang berdasarkan karakteristik ekonomi, individual, dan pekerjaannya.
Etnis
Pola umum karakteristik seperti warisan kultural, nasionalitas, ras, agama, dan bahasa.
Pola umum karakteristik seperti warisan kultural, nasionalitas, ras, agama, dan bahasa.
Isu
Bahasa
Pendidikan Bilingual bertujuan untuk mengajar mata pelajaran kepada anak imigran dengan menggunakan bahasa asal mereka (kebanyaan spanyol), sembari secara bertahap memberikan pengajaran dengan bahasa Inggris.
Pendidikan Bilingual bertujuan untuk mengajar mata pelajaran kepada anak imigran dengan menggunakan bahasa asal mereka (kebanyaan spanyol), sembari secara bertahap memberikan pengajaran dengan bahasa Inggris.
Konsiderasi Bahasa Kedua Lainnya Amerika Serikat adalah salah satu dari sedikit Negara di dunia di mana kebanyakan muridnya lulus dari sekolah menengah dengan hanya mengenal bahasa mereka sendiri.
PENDIDIKAN
MULTIKURAL
Pendidikan
Multikultural adalah pendidikan yang menghargai
diversitas dan mewadahi perspektif dari beragam kelompok kultural atas dasar
basis regular.
Memberdayakan
Murid
Pemberdayaan berarti member orang keahlian intelektual dan mengatasi masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil.
Pemberdayaan berarti member orang keahlian intelektual dan mengatasi masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil.
Pengajaran
yang Relevan Secara Kultural
Aspek penting dari pendidikan multikultural. Pengajaran ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan dengan latar belakang kultural dari pelajar.
Aspek penting dari pendidikan multikultural. Pengajaran ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan dengan latar belakang kultural dari pelajar.
Pendidikan
yang Berpusat pada Isu
Murid diajari secara sistematis untuk mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan sosial. Pendidikan ini tak hanya mengklarifikasi nilai, tetapi juga mengkaji alternatif dan konsekuensi dari pandangan tertentu yang dianut murid.
Murid diajari secara sistematis untuk mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan sosial. Pendidikan ini tak hanya mengklarifikasi nilai, tetapi juga mengkaji alternatif dan konsekuensi dari pandangan tertentu yang dianut murid.
Meningkatkan
Hubungan di Antara Anak dari Kelompok Etnis yang Berbeda-beda
>Kelas Jigsaw: di mana murid dari berbagai latar belakang kultural yang berbeda diminta bekerja sama untuk mengerjakan beberapa bagian yang berbeda dari suatu tugas untuk meraih tujuan yang sama.
>Kontak Personal dengan Orang Lain dari Latar Belakang Kultural yang Berbeda
>Pengambilan Perspektif
>Pemikiran Kritis dan Inteligensi Emosional
>Mengurangi Bias
>Meningkatkan Toleransi
>Sekolah dan Komunitas sebagai Satu Tim
>Kelas Jigsaw: di mana murid dari berbagai latar belakang kultural yang berbeda diminta bekerja sama untuk mengerjakan beberapa bagian yang berbeda dari suatu tugas untuk meraih tujuan yang sama.
>Kontak Personal dengan Orang Lain dari Latar Belakang Kultural yang Berbeda
>Pengambilan Perspektif
>Pemikiran Kritis dan Inteligensi Emosional
>Mengurangi Bias
>Meningkatkan Toleransi
>Sekolah dan Komunitas sebagai Satu Tim
Isu
Apakah Inti Nilai “Putih” Mesti Diajarkan atau Tidak
Beberapa pendidikan menentang penekanan pada
pemberian informasi tentang kelompok etnis yang berbeda melalui kurikulum
sekolah. Mereka juga menentang pendidikan etnosentris yang menekankan pada
kelompok minoritas non-Kulit Putih.
GENDER
Gender
adalah
dimensi sosiokultural dan psikologis dari pria dan wanita.Peran Gender adalah ekspektasi sosial yang merumuskan bagaimana
pria dan wanita seharusnya berpikir, merasa, dan berbuat.
Pandangan-pandangan
tentang Perkembangan Gender
>Pandangan Biologis
>Pandangan Sosiologis
>Pandangan Kognitif
>Pandangan Biologis
>Pandangan Sosiologis
>Pandangan Kognitif
Stereotip,
Kesamaan, dan Perbedaan Gender
Stereotip gender adalah kategori luas yang merefleksikan kesan dan keyakinan tentang apa perilaku yang tepat untuk pria dan wanita. Sexisme adalah prasangka dan diskriminasi terhadap individu karena jenis kelamin seseorang.
Stereotip gender adalah kategori luas yang merefleksikan kesan dan keyakinan tentang apa perilaku yang tepat untuk pria dan wanita. Sexisme adalah prasangka dan diskriminasi terhadap individu karena jenis kelamin seseorang.
Kesamaan
dan Perbedaan Gender dalam Domain yang Relevan Secara Akademis
>Penampilan Fisik
>Keahlian Matematika dan Sains
>Kemampuan Verbal
>Pencapaian Pendidikan
>Keahlian Hubungan
>Agresi dan Regulasi Diri
>Kontroversi Gender
>Penampilan Fisik
>Keahlian Matematika dan Sains
>Kemampuan Verbal
>Pencapaian Pendidikan
>Keahlian Hubungan
>Agresi dan Regulasi Diri
>Kontroversi Gender
Klasifikasi
Peran Gender
Adalah mengevaluasi anak lelaki dan perempuan dari segi kumpulan bakat personalitas.
Adalah mengevaluasi anak lelaki dan perempuan dari segi kumpulan bakat personalitas.
Gender
dalam Konteks
>Membantu Perilaku dan Emosi : Stereotip menyatakan bahwa wanita lebih baik ketimbang pria dalam soal membantu.
>Kultur : Tampak jelas ketika mengkaji perilaku yang dirumuskan secara cultural untuk wanita dan pria dalam Negara yang berbeda di seluruh dunia.
>Membantu Perilaku dan Emosi : Stereotip menyatakan bahwa wanita lebih baik ketimbang pria dalam soal membantu.
>Kultur : Tampak jelas ketika mengkaji perilaku yang dirumuskan secara cultural untuk wanita dan pria dalam Negara yang berbeda di seluruh dunia.
Menghilangkan
Bias Gender
>Interaksi Guru-Murid
>Isi Kurikulum dan Isi Mata Pelajaran Olahraga
>Pelecehan Seksual
>Interaksi Guru-Murid
>Isi Kurikulum dan Isi Mata Pelajaran Olahraga
>Pelecehan Seksual
0 komentar:
Posting Komentar