Sabtu, 01 April 2017

BAB V DIVERSITAS SOSIOKULTURAL (tugas resume)

Diposting oleh Nabila Annisa di 21.12


BAB V

DIVERSITAS SOSIOKULTURAL

KULTUR DAN ETNIS

Kultur
Pola perilaku, keyakinan, dan semua produk lain dari kelompok orang tertentu yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Studi lintas-kultural studi yang membandingkan apa yang terjadi dalam satu kultur dengan apa yang terjadi di dalam satu atau beberapa kultur lain; menyediakan informasi tentang seberapa jauh orang itu sama dan seberapa jauh perilaku tertentu adalah perilaku khusus dari suatu kultur.

Status Sosioekonomi
Kelompok orang berdasarkan karakteristik ekonomi, individual, dan pekerjaannya.

Etnis
Pola umum karakteristik seperti warisan kultural, nasionalitas, ras, agama, dan bahasa.

Isu Bahasa
Pendidikan Bilingual bertujuan untuk mengajar mata pelajaran kepada anak imigran dengan menggunakan bahasa asal mereka (kebanyaan spanyol), sembari secara bertahap memberikan pengajaran dengan bahasa Inggris.

Konsiderasi Bahasa Kedua Lainnya Amerika Serikat adalah salah satu dari sedikit Negara di dunia di mana kebanyakan muridnya lulus dari sekolah menengah dengan hanya mengenal bahasa mereka sendiri.

PENDIDIKAN MULTIKURAL

Pendidikan Multikultural adalah pendidikan yang menghargai diversitas dan mewadahi perspektif dari beragam kelompok kultural atas dasar basis regular.

Memberdayakan Murid
Pemberdayaan berarti member orang keahlian intelektual dan mengatasi masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil.

Pengajaran yang Relevan Secara Kultural
Aspek penting dari pendidikan multikultural. Pengajaran ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan dengan latar belakang kultural dari pelajar.

Pendidikan yang Berpusat pada Isu
Murid diajari secara sistematis untuk mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan sosial. Pendidikan ini tak hanya mengklarifikasi nilai, tetapi juga mengkaji alternatif dan konsekuensi dari pandangan tertentu yang dianut murid.

Meningkatkan Hubungan di Antara Anak dari Kelompok Etnis yang Berbeda-beda
>Kelas Jigsaw: di mana murid dari berbagai latar belakang kultural yang berbeda diminta bekerja sama untuk mengerjakan beberapa bagian yang berbeda dari suatu tugas untuk meraih tujuan yang sama.
>Kontak Personal dengan Orang Lain dari Latar Belakang Kultural yang Berbeda
>Pengambilan Perspektif
>Pemikiran Kritis dan Inteligensi Emosional
>Mengurangi Bias
>Meningkatkan Toleransi
>Sekolah dan Komunitas sebagai Satu Tim

Isu Apakah Inti Nilai “Putih” Mesti Diajarkan atau Tidak
Beberapa pendidikan menentang penekanan pada pemberian informasi tentang kelompok etnis yang berbeda melalui kurikulum sekolah. Mereka juga menentang pendidikan etnosentris yang menekankan pada kelompok minoritas non-Kulit Putih.

GENDER

Gender adalah dimensi sosiokultural dan psikologis dari pria dan wanita.Peran Gender adalah ekspektasi sosial yang merumuskan bagaimana pria dan wanita seharusnya berpikir, merasa, dan berbuat.

Pandangan-pandangan tentang Perkembangan Gender
>Pandangan Biologis
>Pandangan Sosiologis
>Pandangan Kognitif

Stereotip, Kesamaan, dan Perbedaan Gender
Stereotip gender adalah kategori luas yang merefleksikan kesan dan keyakinan tentang apa perilaku yang tepat untuk pria dan wanita. Sexisme adalah prasangka dan diskriminasi terhadap individu karena jenis kelamin seseorang.

Kesamaan dan Perbedaan Gender dalam Domain yang Relevan Secara Akademis
>Penampilan Fisik
>Keahlian Matematika dan Sains
>Kemampuan Verbal
>Pencapaian Pendidikan
>Keahlian Hubungan
>Agresi dan Regulasi Diri
>Kontroversi Gender

Klasifikasi Peran Gender
Adalah mengevaluasi anak lelaki dan perempuan dari segi kumpulan bakat personalitas.

Gender dalam Konteks
>Membantu Perilaku dan Emosi     : Stereotip menyatakan bahwa wanita lebih baik ketimbang pria dalam soal membantu.
>Kultur                                              : Tampak jelas ketika mengkaji perilaku yang dirumuskan secara cultural untuk wanita dan pria dalam Negara yang berbeda di seluruh dunia.

Menghilangkan Bias Gender
>Interaksi Guru-Murid
>Isi Kurikulum dan Isi Mata Pelajaran Olahraga
>Pelecehan Seksual

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

About

 

Icaaak Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review