Sabtu, 01 April 2017

BAB XII PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI (tugas resume)

Diposting oleh Nabila Annisa di 21.16


BAB XII

PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI

PERENCANAAN

Perencanaan Instruksional
Pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencakan pelajaran.

Kerangka Waktu dan Perencanaan
>Apa yang Perlu Dilakukan
>Waktu Melakukannya

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED

>Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid.
>Menganalisis Tugas memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen.
>Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi adalah sistem klasifikasi.

Instruksi Langsung
Pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negative terhadap murid.

Strategi Instruksional Teacher-Centered
>Mengorientasikan
-Advance organizer,
aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid pada materi sebelum materi itu diajarkan.
-Exposity advance organizer, pengetahuan baru yang diberikan kepada murid yang akan mengorientasikan mereka ke pelajaran yang akan dating.
-Comparative advance organizer, memperkenalkan materi baru dengan mengaitkannya dengan apa yang sudah diketahui murid.
>Pengajaran, Penjelasan, dan Demonstrasi
>Pertanyaan dan Diskusi
>Mastery learning,
pembelajaran satu konsep atau topic secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
>Seatwork,  menyuruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri-sendiri di bangku mereka.
>Pekerjaan Rumah

Mengevaluasi Instruksi Teacher-Centered
Pendekatan ini (Teacher-Centered) adalah cara terbaik untuk mengajarkan keahlian dasar, yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang terstruktur secara jelas.
 
PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN LEARNER-CENTERED

Prinsip Learner-Centered
>Faktor Kognitif dan Metakognitif
>Faktor Motivasi dan Emosional
>Faktor Sosial dan Developmental
>Faktor Perbedaan Individual

Beberapa Strategi Instruksional Learner-Centered
>Pembelajaran Berbasi Problem
>Pertanyaan Esensial
>Pembelajaran Penemuan

Mengevaluasi Instruksi Learner-Centered
Pendekatan Learner-Centered untuk perencanaan dan instruksi pelajaran memberikan banyak hal positif.

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Revolusi Pendidikan
Jika murid ingin siap kerja, teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan pelajaran di kelas. Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana kita kini hidup. Orang menggunakan computer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi.

Internet
Interner adalah inti dari komunikasi melalui computer. Sistem Internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi. E-mail adalah singkatan dari electronic mail. Merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima individu atau dari banyak individu sekaligus.

Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Problem akses computer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya computer di rumah keluarga kelas menengah atas. Komputer sering dipakai untuk aktivitas yang berbeda di kelompok sosiokultural yang berbeda.

Standar untuk Murid yang “Melek Teknologi”
>Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua
Seperti gunakan alat input, variasi media dan teknologi, dan gunakan sumber daya multimedia yang pas.
>Grade 3 sampai 5
Seperti gunakan keyboard dan alat input atau output lain, alat teknologi untuk menulis, berkomunikasi, dll.
>Grade 6 sampai 8
Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasikan dan memecahkan problem hardware dan software, serta tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi.
>Grade 9 sampai 12
Identifikasikan kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer, serta gunakanlah sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal dan professional.

Masa Depan : Komputer di Mana-mana
Ubiquitous Computing, menekankan pada distribusi computer ke lingkungan, ketimbang ke personal. Ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC (komputer pribadi).

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

About

 

Icaaak Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review